A.
Pengertian
E-Government merupakan kependekan dari
elektronik pemerintah. E-Government biasa dikenal e-gov, pemerintah digital,
online pemerintah atau pemerintah transformasi.
E-Government adalah upaya untuk
membuat pemerintahan beroperasi secara elektronik. suatu cara untuk mengatur
sistem manajemen dan proses kerja pemerintah dengan mengoptimalkan penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi. Dengan kata lain, e-goverment adalah ketika
pemerintah menggunakan teknologi informasi untuk memberikan informasi dan
layanan kepada warganya, untuk urusan bisnis, dan untuk hal-hal lain yang
berkaitan dengan pemerintah. e-Government dapat diterapkan pada lembaga
legislatif, yudikatif, atau administrasi publik untuk memberikan pelayanan
publik yang lebih baik, meningkatkan efisiensi internal, atau untuk menciptakan
proses kepemerintahan yang demokratis.
E-government memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendorong pemerintahan yang lebih efisien,
menurunkan biaya, memudahkan akses ke layanan pemerintah, dan membuat
pemerintah lebih bertanggung jawab kepada masyarakat.
E-government sendiri mempunyai
4 jenis konsep, yaitu;
1. Government To Cityzens (G-to-C) yang dimana konsep ini adalah konsep yang paling umum,
sederhananya dalam konsep ini pemerintah mengimplementasikan E-Government unntuk
menjalin komunikasi yang lebih baik dan efisien dengan Masyarakat.
2. Government To Bussines (G-to-B) konsep ini adalah untuk kepentingan bisnis yang dimana
pemerintah memerlukan komunikasi dan relasi yang terjaga dengan pengusaha penguasaha
untuk mendapatkan keuntungan.
3. Government To Employees (G-to-E) yang dimana konsep ini adalah untuk meningkatkan kerja
dan juga mensejahterkan karyawan pemerintahan atau instansi pemerintah.
4. Government
To Goverments (G-to-G) Dalam konsep ini berguna untuk
menjalin kerja sama antara pemerintah dalam maupun luar negeri dalam konteks yang
lebih luas bisa kerja sama dalam ekonomi, sosio budaya dll.
B.
Tujuan
Secara umum, tujuan penerapan
e-Government di berbagai negara yang dikaji adalah untuk mendapatkan jaringan
dan transaksi layanan publik yang murah dan tidak dibatasi oleh waktu dan
lokasi. Adapun tujuan lain dari e-Government, yaitu :
·
Meningkatkan
kualitas layanan masyarakat, terutama dalam hal mempercepat proses dan
mempermudah interaksi masyarakat;
·
Meningkatkan
transparansi pemerintahan dengan meningkatkan akses ke informasi publik;
·
Meningkatkan
tanggung jawab pemerintah dengan menyediakan lebih banyak layanan dan
informasi, serta kanal baru untuk akses masyarakat;
·
Mengurangi
jumlah waktu yang dihabiskan dan sumber daya lainnya yang digunakan oleh
pemerintah dan pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemerintahan
- Mengurangi biaya-biaya operasi,
misalnya penurunan penggunaan dan penyimpanan kertas, dan penghematan
biaya pos.
- Mendorong terbentuknya pola
kolaboratif di kalangan unit-unit pemerintah dan antar pemerintah daerah
untuk mampu menciptakan nilai bersama.
C.
Manfaat
E-Government memiliki banyak
keuntungan bagi masyarakat. Kesejahteraan publik dan layanan publik berkualitas
harus menjadi prioritas utama pemerintah untuk beroperasi dengan efektif. Agar
hal ini terjadi, perlu memastikan bahwa penduduk memiliki akses yang tepat
terhadap informasi. Mereka perlu menyadari hak-hak mereka, dan pemerintah yang
terinformasi adalah yang terbaik untuk melakukannya. Salah satu cara terbaik
untuk menyebarkan informasi ini dan memberi tahu semua orang tentang manfaat
E-government adalah internet. Selain itu, orang-orang dari berbagai negara
dapat berbagi dan berkomunikasi tentang masalah kebijakan publik berkat
teknologi Internet.
E-Government memiliki banyak manfaat
bagi masyarakat. Kontribusinya terhadap pembangunan ekonomi negara-negara
berkembang adalah salah satu keuntungan. Karena hampir semua orang di seluruh
dunia dapat mengakses Internet, pemerintah dapat menghubungi masyarakatnya
melalui media ini. Hal ini memungkinkan mereka untuk membuat kebijakan sosial
yang berguna yang akan membantu meningkatkan kualitas hidup warga negara.
Manfaat
lainnya adalah Memberikan layanan yang lebih baik pada
masyarakat. Informasi dari pemerintah dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari
dalam seminggu tanpa harus menunggu dibukanya kator pemerintah. Informasi dari
pemerintah dapat dicari dan diperoleh dari kantor, rumah tanpa harus secara
fisik harus datang ke kantor pemerintah. Pemberdayaan masyarakat dilaksanakan
melalui informasi yang mudah diperoleh.
Data tentang kegiatan pemerintah dapat
disimpan dan dibagikan melalui e-government. Hal ini memungkinkan masyarakat
untuk melihat apa yang dilakukan pemerintah. Ini meningkatkan akuntabilitas
publik figur juga. Selain itu, ia memberikan cara untuk memastikan bahwa
pemerintah menerapkan hukum dengan ketat.
Sumber :
- https://diskominfo.badungkab.go.id/artikel/17777-pengertian-keuntungan-kerugian-e-government
- https://bkpsdmd.babelprov.go.id/content/e-government
- https://diskominfo.cirebonkab.go.id/strategi-pengembangan-electronic-government-menggagas-peran-dan-fungsi-diskominfo
- https://pemerintahan.uma.ac.id/2021/09/manfaat-e-government-bagi-masyarakat/#:~:text=Melalui%20E%2Dgovernment%20pemerintah%20dapat,dilaksanakan%20secara%20ketat%20oleh%20pemerintah.
- https://jia.stialanbandung.ac.id/index.php/jia/article/download/808/pdf/2559
anjay
BalasHapus