Rabu, 19 Juni 2024

Pengertian, Judul, dan Manfaat E-Goverment

 

A.   Pengertian

 

E-Government merupakan kependekan dari elektronik pemerintah. E-Government biasa dikenal e-gov, pemerintah digital, online pemerintah atau pemerintah transformasi. 

E-Government adalah upaya untuk membuat pemerintahan beroperasi secara elektronik. suatu cara untuk mengatur sistem manajemen dan proses kerja pemerintah dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan kata lain, e-goverment adalah ketika pemerintah menggunakan teknologi informasi untuk memberikan informasi dan layanan kepada warganya, untuk urusan bisnis, dan untuk hal-hal lain yang berkaitan dengan pemerintah. e-Government dapat diterapkan pada lembaga legislatif, yudikatif, atau administrasi publik untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik, meningkatkan efisiensi internal, atau untuk menciptakan proses kepemerintahan yang demokratis.

E-government memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendorong pemerintahan yang lebih efisien, menurunkan biaya, memudahkan akses ke layanan pemerintah, dan membuat pemerintah lebih bertanggung jawab kepada masyarakat.

 

 

E-government sendiri mempunyai 4 jenis konsep, yaitu;

1.    Government To Cityzens (G-to-C) yang dimana konsep ini adalah konsep yang paling umum, sederhananya dalam konsep ini pemerintah mengimplementasikan E-Government unntuk menjalin komunikasi yang lebih baik dan efisien dengan Masyarakat.

2.    Government To Bussines (G-to-B) konsep ini adalah untuk kepentingan bisnis yang dimana pemerintah memerlukan komunikasi dan relasi yang terjaga dengan pengusaha penguasaha untuk mendapatkan keuntungan.

3.    Government To Employees (G-to-E) yang dimana konsep ini adalah untuk meningkatkan kerja dan juga mensejahterkan karyawan pemerintahan atau instansi pemerintah.

4.    Government To Goverments (G-to-G) Dalam konsep ini berguna untuk menjalin kerja sama antara pemerintah dalam maupun luar negeri dalam konteks yang lebih luas bisa kerja sama dalam ekonomi, sosio budaya dll.

 

 

 

 

B.   Tujuan

 

Secara umum, tujuan penerapan e-Government di berbagai negara yang dikaji adalah untuk mendapatkan jaringan dan transaksi layanan publik yang murah dan tidak dibatasi oleh waktu dan lokasi. Adapun tujuan lain dari e-Government, yaitu :

 

·         Meningkatkan kualitas layanan masyarakat, terutama dalam hal mempercepat proses dan mempermudah interaksi masyarakat;

·         Meningkatkan transparansi pemerintahan dengan meningkatkan akses ke informasi publik;

·         Meningkatkan tanggung jawab pemerintah dengan menyediakan lebih banyak layanan dan informasi, serta kanal baru untuk akses masyarakat;

·         Mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan dan sumber daya lainnya yang digunakan oleh pemerintah dan pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemerintahan

  • Mengurangi biaya-biaya operasi, misalnya penurunan penggunaan dan penyimpanan kertas, dan penghematan biaya pos.
  • Mendorong terbentuknya pola kolaboratif di kalangan unit-unit pemerintah dan antar pemerintah daerah untuk mampu menciptakan nilai bersama.

 

 

C.    Manfaat

 

E-Government memiliki banyak keuntungan bagi masyarakat. Kesejahteraan publik dan layanan publik berkualitas harus menjadi prioritas utama pemerintah untuk beroperasi dengan efektif. Agar hal ini terjadi, perlu memastikan bahwa penduduk memiliki akses yang tepat terhadap informasi. Mereka perlu menyadari hak-hak mereka, dan pemerintah yang terinformasi adalah yang terbaik untuk melakukannya. Salah satu cara terbaik untuk menyebarkan informasi ini dan memberi tahu semua orang tentang manfaat E-government adalah internet. Selain itu, orang-orang dari berbagai negara dapat berbagi dan berkomunikasi tentang masalah kebijakan publik berkat teknologi Internet.

 

E-Government memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Kontribusinya terhadap pembangunan ekonomi negara-negara berkembang adalah salah satu keuntungan. Karena hampir semua orang di seluruh dunia dapat mengakses Internet, pemerintah dapat menghubungi masyarakatnya melalui media ini. Hal ini memungkinkan mereka untuk membuat kebijakan sosial yang berguna yang akan membantu meningkatkan kualitas hidup warga negara.

 

Manfaat lainnya adalah Memberikan layanan yang lebih baik pada masyarakat. Informasi dari pemerintah dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu tanpa harus menunggu dibukanya kator pemerintah. Informasi dari pemerintah dapat dicari dan diperoleh dari kantor, rumah tanpa harus secara fisik harus datang ke kantor pemerintah. Pemberdayaan masyarakat dilaksanakan melalui informasi yang mudah diperoleh.

 

 

Data tentang kegiatan pemerintah dapat disimpan dan dibagikan melalui e-government. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk melihat apa yang dilakukan pemerintah. Ini meningkatkan akuntabilitas publik figur juga. Selain itu, ia memberikan cara untuk memastikan bahwa pemerintah menerapkan hukum dengan ketat.

 

Sumber :

- https://diskominfo.badungkab.go.id/artikel/17777-pengertian-keuntungan-kerugian-e-government
- https://bkpsdmd.babelprov.go.id/content/e-government
- https://diskominfo.cirebonkab.go.id/strategi-pengembangan-electronic-government-menggagas-peran-dan-fungsi-diskominfo
- https://pemerintahan.uma.ac.id/2021/09/manfaat-e-government-bagi-masyarakat/#:~:text=Melalui%20E%2Dgovernment%20pemerintah%20dapat,dilaksanakan%20secara%20ketat%20oleh%20pemerintah.

- https://jia.stialanbandung.ac.id/index.php/jia/article/download/808/pdf/2559

 




1 komentar:

Analisis Kritis terhadap Survei UN EGDI

Survei EGDI (E-Government Development Index) yang dikembangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah alat yang sangat berharga dalam ...